Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan

In Olahraga 263 views

Apa Itu Sepakbola?

Sepak bola merupakan permainan olahraga beregu yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat kelas manapun. Permainan yang mendunia dan hampir ada di semua negara tersebut saat ini bahkan menjadi salah satu cabang permainan dalam olahraga paling penting di dunia karena mampu membawa nama sebuah wilayah ataupun negara. Cabang olahraga ini menggunakan bola sepak dari bahan kulit. Hanya saja untuk sepak bola anak-anak dan permainan kampung, sering menggunakan bahan plastik yang ringan sekedar untuk memperkenalkan pada anak bagaimana bermain bola dan sekedar bersenang-senang.

Sepak Bola, Cabang Permainan Olahraga Yang Mendunia

apa itu sepakbola

Olahraga ini memiliki anggota 11 orang pemain utama dan beberapa orang pemain cadangan. Oleh karena itu kelompok pemain sepak bola sering disebut juga dengan istilah kesebelasan. Satu orang oemainnjnti bertugas sebagai penjaga gawang atau keeper. Penjaga gawang hanya bekerja menangkap dan menghindarkan bola lawan masuk ke dalam gawang karena kemenangan dinilai dari jumlah gol atau tendangan masuk bola ke dalam gawang lawan. Pada permainan sepak bola profesional dihadirkan wasit dan pencatat gol.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sepak bola memiliki alur sejarah berdasarkan penyusunan awal mula sepak bola oleh budayawan. Pada masa kuni tepatnya pada tahun sebelum Masehi sudah ditemukan cikal bakal permainan bola kaki ini. Berdasarkan atas penuturan FIFA, secara resmi dinyatakan bahwa sepak bola berasal dari daratan China. Tepatnya mulai ada di sekitar abad 2 hingga 3 sebelum Masehi. Saat itu China masih berada di dalam masa pemerintahan Dinasti Han. Sepak bola disebut dengan istilah Tsu-chu yang mempunyai arti menendang bola dan menyepak menggunakan kaki.

Selanjutnya sebuah penemuan artefak di Mesir menyatakan bahwa pada tahun 2.500 SM ditemukan bola yang terbuat dari bahan linen. Penemuan tersebut didasarkan atas gambar di mana para ahli sejarah menyatakan bahwa bola dalam gambar adalah berasal dari kain linen dan sebagian lagi terbuat dari kulit binatang. Dari sebuah gambar yang diperoleh menunjukkan bahwa sepak bola di Mesir dilakukan pada saat diadakan pesta kesuburan.

Para pembuat bola membungkus bola menggunakan kain yang memiliki warna cerah untuk kemudian ditendang dengan tujuan mensyukuri kemelimpahan yang didapatkan. Jadi permainan sepak bola kala itu adalah sebagai wujud syukur atas hasil bumi yang diperoleh. Demikian juga yang terjadi di Tiongkok pada sekitar 576 hingga 221 SM di mana bola terbuat dari bulu yang kemudian ditendang untuk membuat nilai. Bola ditendang di antara dua buah kain yang dibentangkan seperti digantung. Sebagaimana di Mesir, bola dijadikan alat permainan dalam perayaan kemelimpahan.

Selanjutnya pada abad yang hampir bersamaan dengan perkembangan bola di Tiongkok,  di wilayah eropa terutama Roma dan Italia juga mulai berkembang permainan sepak bola yang diawali oleh para gladiator. Adapun sepak bola modern setelah masehi justru sangat berkembang di daratan Eropa terutama wilayah Roma, Italia dan Inggris. Sejak saat itu, sistem permainan bola menjadi lebih tertata. Bola dibuat dari kulit yang dipompa di dalamnya sehingga bola menjadi tidak terlalu berat dan menggelinding dengan baik. Adapun untuk menghasilkan nilai menggunakan gawang yang jaring di belakang sebagai penahan supaya bola tidak menggelinding jauh dari lapangan. Oleh sebab itu sampai sekarang jangan heran bahwa sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di muka bumi ini. Hingga banyak yang menjadikan menjadi ladang judi bola

Cara Bermain SepakBola

Sepak bola merupakan permainan beregu melibatkan 11 pemain inti yang terbagi atas penjaga gawang, pemain depan, tengah dan pemain belakang. Penentuan nilai sepak bola didasarkan atas jumlah masuknya bola ke dalam gawang lawan. Adapun di dalam lapangan permainan terdapat yang disebut dengan area pinalti, yaitu area di seputar gawang di mana pemain lawan bisa melakukan tendangan bebas mengarah ke gawang lawan. Kiper menjadi pemain satu-satunya yang diperkenankan memegang bola menggunakan tangan. Permainan sepak bola, setiap babak berlangsung selama 45 menit.

lapangan sepakbola

Dari 11 pemain,  oenjaga gawang bertugas menjaga supaya gawang tidak sampai kemasukan bola dari lawan. Kiper harus tangkas dan jeli. Ketangkasan kiper menangkap bola yang diarahkan ke gawangnya menjadi nilai tersendiri. Adapun pemain belakang atau seting disebut juga sebagai pemain bertahan terdiri atas 4 orang. Empat pemain ini sebagaimana namanya berperan untuk mempertahankan bola supaya tidak sampai memasuki area gawang sebelum kemudian berhadapan dengan penjaga gawang. Pemain belakang setong mengembalikan bola ke arra lawan melalui estafet ke pemain tengah.

Adapun pemain tengah terdiri atas 4 orang yang mengumpankan bola dari pemain belakang menuju ke pemain depan atau disebut juga dengan pemain penyerang. Pemain depan terdiri atas dua orang. Pemain depan secara agresif menyerang lawan dengan menggiring bola menuju gawang lawan dan berusaha memasukkan bola. Para pemain penyerang inilah yang bakal mencetak gol. Para oenain harus memiliki sistem kerjasama dan komunikasi yang baik.

Teknik Bermain Sepak Bola

Terdapat beberapa teknik dalam permainan bola. Yang pertama, adalah teknik menggiring bola atau dribbling. Dribbling dilakukan dengan membawa bola memakai kaki sekaligus mengendalikan laju dari bola,  mengehentikan dan sebagainya.  Menggiring bola wajib dilakukan untuk mengarahkan bola. Yang kedua adalah menendang bola. Teknik ini sangat vital karena kemapuan menendang menentukan kesempatan memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Selain itu, untuk mengumpan dan mengembalikan bola memasuki area lawan juga, sering dilakukan oleh pemain tengah atau belakang menuju ke pemain depan supaya bola lebih dekat dengan area gawang lawan. Teknik ketiga, adalah oper bola. Teknik oper digunakan untuk menembus pertahanan lawan dengan melempar bola jarak pendek.

Teknik selanjutnya adalah menghentikan bola. Bola yang terus menggelinding bisa dihentikan untuk kemudian diarahkan sesuai keinginan regu. Menghentikan bola bisa dengan kaki,  dada dan paha. Teknik kelima adalah menyundul. Bola disundul dengan kepala ke arah yang dikehendaki. Teknik keenam adalah merebut bola,  kemudian menyapu bola,  teknik lemparan ke dalam. Teknik ke delapan adalah menangkap bola. Penjaga gawang wajib memiliki kemampuan ini. Teknik terakhir juggling. Teknik ini dimiliki seorang yang sudah sangat piawai.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Terdapat berbagai peraturan di dalam permainan sepak bola. Untuk lapangan harus memiliki panjang 100-110 meter, dengan lebar 64 hingga, 75 meter. Luas, area gawang 18,33 x 5,5 meter. Tinggi gawang 2,45 meter dengan lebar 7,3 meter. Adapun bola harus, terbuat dari kulit dan berbentuk bulat memiliki berat lebih kurang 400 gram. Jumlah pemain 11 dengan setiap pemain wajib memiliki captain.

Setiap tim memiliki warna khusus untuk kaos, warna kaos kaki dalam satu tim. Harus sama. Kaos tangan diperbolehkan dikenakan khusus kiper. Setiap pertandingan diikutkan wasit dan asisten wasit. Wasit menilai setiap jalannya pertandingan dan menentukan ada tidaknta pelanggaran. Wasit harus bersikap adil dan netral.

Permainan terdiri atas dua babak, setiap babak berlangsung 45 menit dengan istirahat antar babak maksimal 15 menit. Bola tidak boleh keluar garis. Pelanggaran seperti menendang dan menjegal lawan dapat mengakibatkan pemain diberikan kartu peringatan berwarna kuning atau dikeluarkan dari area permainan dengan kartu merah.

Demikian tentang sepak bola. Semoga bisa menambah wawasan.

Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Table of Contents Teknik Dasar Loncat Indah
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Table of Contents Lempar Lembing, Olahraga Gabungan
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Table of Contents Tolak Peluru: Olahraga Yang
Tenis Lapangan: Pengertian, Sejarah, Kejuaraan, Teknik
Tenis Lapangan: Pengertian, Sejarah, Kejuaraan, Teknik
Table of Contents Wajib Diketahui Semua Tentang
Must read×

Top